3 Tips Agar Baterai pada Smartphone Anda lebih Hemat

Memiliki kapasitas baterai yang besar pada smartphone mungkin cukup sedikit orang yang memilikinya dimana smartphone sekarang hanya memiliki kapasitas baterai yang banyak beredar dimasyarakat sekitar 3000-3300 mAh. Memang sudah banyak smartphone meresmikan smartphone-smartphone dengan kapasitas baterai yang besar yaitu 4000 mAh namun tak jarang konsumen mengeluh karena kapasitas baterai yang cepat habis.

Biasanya hal tersebut terjadi karena penggunaan sistem dari smartphone yang besar dan signifikan sehingga memakan daya baterai yang cukup besar. Biasanya yang sering terdampak masalah seperti ini adalah smartphone merek Xiaomi. OS yang digunakan Xiaomi ini terbilang cukup berat karena memiliki banyak fitur-fitur yang memang sangat bagus namun memang OS ini cocok untuk devicenya yang memiliki spesifikasi kuat. Sedangkan Xiaomi sendiri banyak meresmikan smartphone-smartphone low-end yang paling tinggi memiliki kapasitas baterai 3300 mAh dan performa yang belum cukup cepat.

Lalu bagaimana cara mudah mengatasi masalah ini ? Diartikel saya akan memberikan 3 tips agar baterai hemat penggunaan.

Kenapa sangat saya sarankan untuk mengikuti tutorial ini ? Karena dengan menghemat baterai Anda, Anda juga dapat menghemat umur baterai yang Anda gunakan. Semakin banyak Anda mencoba untuk melakukan pengisian baterai dalam satu hari maka umur baterai Anda juga tidak akan lama.

Bersihkan Aplikasi Latar Belakang

Dengan membersihkan aplikasi-aplikasi latar belakang Anda dapat menghemat baterai smartphone Anda sekitar 20-30% tergantung aplikasi apa itu. Karena biasanya aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang ini aplikasi Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan lainnya itu semua memakan daya baterai yang cukup banyak.
Membersihkan aplikasi latar belakang ini juga bukan hanya untuk menghemat daya baterai Anda namun juga dapat mengurangi pekerjaan sistem sehingga smartphone tidak cepat panas.

Pakai Mode Hemat Baterai

Pastinya setiap smartphone memiliki fitur ini karena fitur ini cukup penting untuk semua orang. Dari OS MIUI, Color OS, Funtouch OS, SamsungUX pastinya memiliki fitur hemat baterai ini. Fitur ini akan sangat berguna dimana jika Anda berada disituasi sedang diluar rumah dan kapasitas baterai Anda sudah dibawah 20%. Ketika Anda mengaktifkan fitur Hemat Baterai ini setidaknya akan menahan baterai Anda lebih dari 30 menit.

Kecerahan Layar

Pastinya Anda juga sudah tau jika kecerahan layar yang sangat terang dapat membuat kapasitas baterai terserap dengan cepat. Dengan begitu Anda mungkin dapat mengubah model kecerahan layar Anda menjadi otomatis untuk menghemat daya atau jika Anda terganggu oleh fitur Otomatis yang tidak sempurna ( tiba-tiba terang tiba-tiba gelap ) Anda dapat mengatur kecerahan secara manual namun harus dibawah standart kecerahan layar untuk menghemat baterai lebih lama.
3 Tips ini dapat Anda gunakan disemua Smartphone Android atau mungkin smartphone IOS
Itulah 3 tips agar baterai pada smartphone lebih hemat lagi, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pengguna smartphone Android.

Leave a Comment