Big Data untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis Masa Depan

Apakah kalian pernah mendengar istilah Big Data?

Jika dilihat dari arti katanya Big Data memiliki arti Data Besar, dan apakah kalian sudah tahu apa itu Big Data?

Jadi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam lagi tentang apa itu Big Data.

Big Data sebenarnya merupakan suatu kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, dikarenakan jumlah datanya yang sangat besar atau banyak dan sangat kompleks inilah yang menyebabkan software tradisional yang digunakan untuk memproses data ini tidak akan bisa.

Di lain sisi dengan adanya Big Data dapat memungkinkan untuk mengatasi permasalahan bisnis yang tidak dapat diselesaikan dengan cara tradisional.

Dengan banyak dan kompleksnya data yang ada di Big Data, seorang pelaku bisnis dapat menggunakannya untuk melakukan pengumpulan dan juga penggunaa informasi dari berbagai sumber sebagai dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang lebih baik. Dapat dikatakan Big Data itu merupakan suatu konsep tentang kemampuan kita untuk menganalisa, mengumpulkan, dan mengerti jumlah data yang sangat besar.

Dalam penerapannya Big Data memiliki tiga hukum yang lebih dikenal dengan sebutan 3V , berikut ini adalah penjelasannya:

1. Variety

Hukum Variety pada Big Data ini merupakan berbagai jenis data yang tersedia atau data yang tersaji beragam. Data yang berjenis tradisional biasanya lebih terstruktur, di samping itu juga ada data-data yang tidak terstruktur, data yang tidak terstruktur adalah seperti text, video, dan audio yang memerlukan waktu lebih lama untuk dapat diproses agar kita dapat mengetahui apa arti data data-data tersebut.

2. Velocity

Hukum Velocity Big Data ini ialah kecepatan yang sangan cepat, yanag mana data diterima dan selang tidak sampai satu detik data tersebut dapat secara langsung digunakan. Dengan kecepatan yang sangat tinggi aliran data akan langsung masuk ke memori, dan hal ini lebih cepat jika dibandingkan dengan mengirimkan data secara manual ke memori. Smart devices saat ini kebanyakan menggunkan internet yang beroperasi dalam waktu yang nyata atau mendekati waktu yang dan akan mendapatkan evaluasi serta tindakan secara real-time.

3. Volume

Hukum Volume Big Data di sini adalah ukurang suatu data di dalam Big Data, pada Big Data, sesuai dengan namaya yang ada kata Big, artinya suatu Big Data memiliki data yang besar secara otomatis pastinya memiliki volume juga, berdasarkan besaran data yang ada pada Big Data.

Jika kita berbicara tentang Big Data erat kaitannya dengan internet, berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan Big Data yang ada disektar kita:

  1. Penggunaan internet
  2. Penggunaan Smartphone
  3. Media sosial
  4. Digtalisasi media
  5. Smart device

Bagi seorang pelaku bisnis, Big Data dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dengan Big Data:

  1. Customer Relationship Management (CRM)
  2. Membantu operasional bisnis menjadi lebih efisisen
  3. Mendorong novasi
  4. Meningkatkan pengalaman pengguna

Leave a Comment