Cloud Computing untuk Konektivitas Masa Depan

Bagi kalian yang secara aktif mengikuti perkembangan teknologi, tentu kalian pernah mendengar istilah Cloud Computing, tapi tahukah kalian apa itu Cloud Computing?

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa itu teknologi Cloud Computing.

Cloud Computing adalah suatu istilah yang berasal dari dua kata, yaitu cloud yang dapat diartikan sebagai internet dan kata computing yang dapat diartikan sebagai komputer, jadi Cloud Computing adalah suatu proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki manfaat agar dapat menjalankan program melalui komputer yang sudah dikoneksikan satu sama lain di waktu yang bersamaan, dengan Cloud Computing dapat memudahkan penggunanya untuk menjalankan suatu program tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan seorang pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Dalam penerapannya, Cloud Computing memerlukan jaringan internet, sebab Cloud Computing memiliki server yang terpusat. Dengan menggunakan Cloud Computing memungkinkan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih praktis tanpa perlu menggunakan infrastruktur yang besar.

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara kerja dari teknologi Cloud Computing. Dengan menggunakan teknologi Cloud Computing ini membuat internet menjadi pusat server dalam pengelolaan data. Sistem ini dapat memudahkan seorang pengguna untuk login ke jaringan internet guna mendapatkan akses untuk menjalankan suatu program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut dahulu. Sebab tidak perlu untuk menginstall aplikasi, maka untuk tempat penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual, sehingga penggunaan memori pada komputer tidak akan terbebani, perintah-perintah yang digunakan oleh pengguna tadi akan dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima oleh server aplikasi, maka data akan diproses yang pada akhitnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbarui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya. Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung sengan sistem Cloud Computing yang ada pada komputer. Dalam penggunaannya hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa melakukan instalasi.

Penjelasan selanjutnya, kita akan membahas tentang fungsi dari teknologi Cloud Computing. Dari segi harga Cloud Computing termasuk cukup murah untuk fungsi yang bisa didapatkan. Selain itu, Cloud Computing juga memiliki media penyimpanan, fleksibel, dan efisien untuk diterapkan pada industri bisnis. Cloud Computing juga dapat menjadi solusi untuk menurunkan permintaan software dan hardware pengguna.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Cloud Computing:

  1. Lebih murah dan tahan lama
  2. Keamanan data
  3. Media penyimpanan terpusat pada server

Berikut ini macam-macam model Cloud Computing:

  1. Public Cloud
  2. Private Cloud
  3. Community Cloud
  4. Hybrid Cloud

Ini adalah struktur Cloud Computing:

  1. Computer Back end
  2. Computer Front end
  3. Penghubung antara computer Back end dan computer Front end

 

Leave a Comment