Duka Beriklan di Facebook

duka beriklan di facebook ads

Beriklan di facebook memang bisa menghasilkan suatu tujuan yang kita inginkan baik hal income atau yang tujuan kita yang lainnya. Tetapi kadang pada praktek nya memang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, baik karena creative ads kita, landing page, targeting audience, atau memang cara kita dalam beriklan yang sudah salah dari awal. Berikut beberapa pengalaman mengiklan di facebook atau lebih tepat duku yang saya alami saat beriklan di facebook.

Facebook ads akan sangat beresiko jika kita sebelumnya anda belum pernah sama sekali beriklan di facebook kenapa saya bilang sangat beresiko karena anda akan mengalami keboncosan alias uang anda akan hilang seketika tanpa anda sadari (ini saya ngetiknya sambil ketawa-ketiwi). Di awal memang mindset kita beriklan harus sudah siap dan paling tidak kita sudah mengetahui resiko dan lain-lainnya tetang facebook ads, jadi pola pikir saat menggunakan traffic berbayar ini harus sudah siap juga budget atau uang iklan kita raib atau menghilang begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu atau tujuan kita dll.

Oke berikut beberapa penjabaran atau list-list yang saya alami ketika beriklan di facebook yaa.

  1. Saat mulai beriklan, harus siap ketika campaign yang kita buat tidak menghasilkan penjualan atau menghasilkan penjualan tetap masih rugi, misal kita beriklan 200.000 tetapi hanya menghasilkan profit 100.000 artinya kita masih rugi 100.000 kan.
  2. Kamu harus menganalisa ketika campaign yang kamu jalankan baik itu creative ads nya, landing page, audience, dan lain sebgainya.
  3. Ketika campaign kamu bagus di awal, misal di 3 hari pertama kamu mendapat keuntungan dari campaign tersebut, bisa saja di hari keempat dan selanjutnya kamu hanya membayar iklan ke facebook tetapi tidak ada satupun penjualan yang kamu dapatkan. Ini akan mengurangi keuntungan kamu di 3 hari pertama tadi bahkan ujungnya kamu hanyar mendapatkan kerugian dari total keseluruhannya, sedih banget ya.
  4. Di awal belajar beriklan kamu harus memantau dan memastikan campaign-campaign yang kamu jalankan berjalan dengan baik dan sesuai keinginan kamu, ini tentunya akan memakan waktu kita sekali belum lagi jika memang kita sebagai customer sales nya sendiri. Jadi ngeri yaa, gak juga mulai aja dulu wkwk udah kaya iklan marketplace ya.
  5. Ketika kamu menemukan winning campaign, kamu harus tau dan bisa bagaimana cara scaling dari iklan yang kamu jalankan jika kamu hanya berpegang pada campaign yang bisa saja terjadi seperti pada point 3 diatas. Jadi kita harus selalu melakukan improve terhadap iklan kita sendiri. Dengan semua ketidakseimbangan algoritma facebook yang kadang aneh-aneh menurut saya, atau hari ini bagus besok jelek dan segala macam drama didalamnya kita harus sudah siap mental diawal saat memulai.
  6. Saking ngaco nya beriklan di facebook bisa saja misal kita beriklan di facebook 1.000.000 per campaign, bisa saja budget iklan kita sudah termakan 300.000 tanpa kita menghasilkan apapun.

review lagi campaign iklanmu

Sebenarnya dari segala masalah diatas ada saja trik wahai para manusia untuk mengakali nya tentunya dengan jam terbang mengiklan di facebook yang sudah banyak. Tetapi mulai aja dulu siapkan dana “gak kepake” untuk testing atau trial, karena ketika kita belum mencoba nya kita akan penasaran selamanya hehe. Atau mungkin anda bisa memulai berjualan di platform gratisan dulu misal upload produk jualan di marketplace atau facebook marketplace yang gratisan tentu jika beruntung dan benar cara nya kita akan mendapatkan sales juga kok, sekali lagi coba aja dulu, jangan pesimis kaya artikel yang ada ini yah haha.

Masih banyak lagi drama drama facebook ads dari 6 list diatas dan duka tangis didalamnya haha, karena artikel kali ini special duka di facebook ads yaa jadi gak ada yang manis-manis nya mungkin di next artikel ya.

 

 

 

Leave a Comment