Hidup Lebih Modern dengan Teknologi Internet of Things

Tentu kalian pernah kan mendengar istilah Internet of Things yang belakangan ini ramai diperbincangkan, saat ini, telah banyak perusahan di bidang teknologi yang merilis produk bertemakan Internet of Things. Namun, sebenarnya apa sih tekologi Internet of Things itu? simak usalan berikut ini.

Pada awalnya pada tahun 1990 lalu, seorang peneliti bernama John Romkey membuat suatu perangkat yang pada masa itu termasuk canggih, perangkat itu adalah pemanggang roti yang dapat dioperasikan melalui internet. Kemudian pada tahun 1994, Steve Mann menciptakan WearCam, selanjutnya pada tahun 1997, Paul Saffa menemukan teknologi sensor. Dan pada tahun 1999, Kevin Ashton membuat konsep Internet of Things, yang mana pada saat ini Kevin Ashton merupakan Direktur Auti IDCentre dari MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep komputasi objek sehari-hari yang dapat terhubung ke internet dan bisa mengidentifikasi diri ke perangkat lain, praktisnya teknologi Internet of Things adalah suatu konsep yang dapat menghubungkan semua objek fisik kehidupan sehari-hari ke internet, sehingga dengan adanya teknologi Internet of Things anda dapat menelepon, mengirim pesan, mendengarkan musik, mengontrol aktivias fisik, mebaca buku, hingga menonton film melalui smartphone anda yang terhubung ke internet.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan penerapan teknologi Internet of Things:

1. Kemudahan

Perangkat Internet of Things seperti smartphone kini sudah menjadi perangkat wajib yang biasa dimiliki oleh sebagian besar orang, Di samping itu terdapat juga perangkat Internet of Things lain yang dapat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contohnya adalah Amazon Dash Button dan Smart Refrigerator yang dapat memudahkan anda untuk menyusun ulang item dengan hanya dua tindakan persetujuan anda.

2. Konektivitas

Adanya teknologi Internet of Things dapat meningkatkan konektivitas kita terhadap berbagai hal, dimana kita dapat melakukan beberapa kegiatan hanya dengan mengoperasikan satu perangkat smartphone, tanpa memerlukan perangkat tambahan lainnya.

3. Efisiensi

Menggunakan teknologi Internet of Things dapat meningkatkan konektivitas, yang artinya mampu untuk menurunkan jumlah waktu yang sebelumnya digunakan untuk malukukan hal yang sama. Sebagai contoh, terdapat perangkat asisten suara dengan teknologi Internet of Things seperti Amazon’s Alexa yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda secara langsung, tanpa perlu menyalakan smartphone atau komputer.

Belakangan ini, penggunaan perangkat Internet of Things berkembang begitu pesat, termasuk juga produksinya, pada dasarnya perangkat Internet of Things adalah smartphone, laptop, smartwatch, dan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa perankat dengan teknologi Internet of Things yang telah umum digunakan:

  1. Nest Smart Thermostat
  2. August Smart Lock
  3. Automatic Car Tracking Adapter

Terdapat beberapa macam bidang dalam penerapan teknologi Internet of Things, sebagai berikut:

  1. Pertanian
  2. Energi
  3. Lingkungan
  4. Otamatisasi rumah
  5. Medik dan kesehatan
  6. Transportasi

 

Leave a Comment