Menciptakan Pandangan Baru dengan Teknologi Virtual Reality

Tentu kalian pernah dengar kan teknologi Virtual Reality atau biasa disingkat menjadi VR, sebenarnya apa sih teknologi Virtual Reality itu, melalui penjelasan berikut ini akan dibahas tentang apa itu Virtual Reality.

Virtual Reality merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seorang pengguna atau user dapat melakukan interaksi dengan lingkungan yang terdapat dalam dunia maya yang mana lingkungan tersebut disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna atau user merasa berada di dalam lingkungan tersebut secara nyata dalam bentuk virtual.

Di dalam Bahasa Indonesia Virtual Reality dapat disebut dengan istilah realitas maya. Selanjutnya kalian juga ingin tahu kan tentang sejarah dan perkembangan teknologi Virtual Reality, berikut kami sajikan ulasannya.

Teknologi Virtual Reality pertama kali adalah Peta Bioskop Aspen yang diciptakan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) pada tahun 1977. Dimana programnya merupakan suatu simulasi kasar tentang kota Aspen yang terletak di Colorado, yang mana para pengguna bisa mengembara dalam salah satu dari tiga mode, yaitu mode musim panas, mode musim dingin, dan mode poligon, dua hal pertama tersebut didasarkan pada foto, sebab para peneliti memotret tiap-tiap pergerakan yang mungkin melalui pandangan jalan kota besar pada dua musim tersebut, kemudian yang ketiga ialah suatu model dasar tiga dimensi kota besar.

Setelah mengetahui sejarah tentang teknologi Virtual Reality, kita akan memaparkan tentang cara kerja dari Virtual Reality, jadi cara kerja dari Virtual Reality dimulai denga seorang pengguna melihat suatu pandangan dunia maya yang sebenarnya adalah kumpulan dari gambar-gambar yang bergerak secara dinamis hasil dalam simulasi komputer. Lalu melalui sebuah alat berbentuk kacamata Virtual Reality ini, dapat memungkinkan seorang penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia maya dan juga mendapatkan reaksi yang seolah-olah nyata adanya.

Nah berikut ini adalah beberapa contoh produk hasil penerapan teknologi Virtual Reality:

1. CardBoard

CardBoard ini merupakan produk buatan dari Google, dengan menggunakan produk ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman baru dari dunia Virtual Reality menggunakan aplikasi ini secara langsung melalui smartphone.

2. CardBoard Camera

Sama halnya seperti CardBoard dimana produk ini juga memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman baru dari dunia Virtual Reality menggunakan aplikasi ini secara langsung melalui smartphone, namun CardBoard Camera memiliki keunggulan, yaitu dapat mengambil gambar dengan sudut 360 derajat, sehingga gambar gambar yang dihasilkan dapat dilihat dari berbagai sudut. Selain dapat memfoto panorama indah dengan sudut 360 derajat, produk ini juga dapat merekam suara sehingga kamu bisa merasakan kembali apa yang pernah kamu rasakan saat mengambil gambar tersebut.

3. VRSE

VRSE adalah produk Virtual Reality yang juga dapat memperlihatkan video dengan sudut 360 derajat, serta dapat membawa kita seolah-olah menghadiri berbagai tempat dan event menarik di seluruh belahan dunia.

Leave a Comment