Teknolgi Data Mining sebagai Solusi Pengambilan Data Masa Kini

Dalam perkembangannya, istilah data saat ini menjadi sangat penting eksistensinya, selain beerbagai institusi dan pelaku bisnis yang mengambil keputusan strategis mereka berdasarkan data, keberadaan data juga penting adanya untuk terus meningkatkan kepuasan dari pengguna maupun pegembang terhadap produk barang ataupun jasa.

Pada saat ini terdapat teknologi yang disebut sebagai Data Mining, yang tentunya berkaitan dengan data, sevara singkatnya teknologi Data Mining merupakan suatu media yang memungkinkan seorang penggunanya agar dapat mengakses secara tepat suatu data dalam jumlah yang sangat besar. Untuk lebih rinci penjelasan tentang teknologi Data Mining akan kami bahas di bawah ini.

Jadi, secara definisi Data Mining adalah suatu proses dalam melakukan pengumpulan sebuah informasi penting yang diambil dari suatu data yang jumlahnya sangat besar. Dalam melakukan pengumpulan informasi penting tersebut perlu dilakukan beberapa proses, diantaranya adalah metode matematika, metode statistika, serta teknologi Artificial Intelligence. Lebih khususnya, teknologi Data Mining merupakan suatu alat serta aplikasi yang memakai analisis statisik pada sebuah data dam melakukan penyaringan terhadap data tersebut, serta menyimpan semua data itu.

Dalam penerapan teknologi Data Mining terdapat beberapa fungsi dari teknologi Data Mining ini, berikut ini merupakan penjelasan beberapa fungsi dari penerapan teknologi Data Mining:

1. Association

Fungsi association ini merupakan identfikasi hubungan dari kejadian-kejadian yang telah terjadi pada waktu tertentu.

2. Classification

Fungsi classification ini memiliki ttujuan untuk menyimpulkan beberapa definisi karakteristik dari suatu grup. Contohnya, pelanggan perusahaan yang sudah berpindah karena tersaingi oleh perusahaan lain diklasifikasikan dengan pelanggan atau perusahaan lainnya.

3. Clustering

Fungsi clustering merupakan identifikasi kelompok dari produk-produk atau barang-barang yang memiliki karakteristik khusus.

4. Descriptive

Fungsi descriptive adalah suatu fungsi yang bertujuan memahami lebih jauh mengenai data yang diamati sehingga dapat diketahui perilaku dari sebuah data.

5. Predictive

Fungsi ini ialah sebuah fungsi yang menjelaskan suatu proses dalam menemukan pola tertentu dari sebuah data. Pola-pola yang digunakan diketahui dari beragam variabel yang terdapat pada data.

6.  Sequencing

Sequencing berfungsi untuk identifikasi hubungan-hubungan yang berbeda di sebuah periode waktu tertentu. Contohnya, para pelanggan yang berkunjung di supermarket secara berulang.

7. Forecasting

Fungsi forecasting ini bertujuan untuk memperkirakan nilai di suatu masa di masa mendatang sesuai dengan pola-pola dengan kumpula data dalam jumlah besar. Contohnya, peralaman permintaan pasar.

Dalam teknologi Data Mining terdapat beberapa motode, berikut ini adalah beberapa metode dari teknolgi Data Mining:

  1. Analisa masalah
  2. Ekstrak dan membersihkan data
  3. Validitas data
  4. Membuat dan melatih model
  5. Query data dari model data mining
  6. Evaluasi validitas

Teknologi Data Mining diterapkan dalam banyak sektor, berikut ini beberapa contoh dari penerapan teknologi Data Mining:

  1. Keuangan
  2. Olahraga
  3. Asuransi
  4. Telekomunikasi

 

Leave a Comment