Teknologi Electric Vehicle, Kendaraan Bermotor Masa Depan

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi otomotif mengalami perkembangan yang sangat pesat, perkembangan tersebut dapat terlihat dari model atau desain yang semakin baik, selain itu dapat dilihat juga dari fitur-fituryang ditawarkan, juga efisiensi bahan bakar yang digunakan pada motor atau mobil semakin hari memeberikan perkembangan menjadi lebih irit dan ramah terhadap lingkungan.

Salah satu yang menjadi perhatian belakangan ini adalah mobil lstrik atau Electric Vehicle keluaran dari Tesla yang mencuri banyak perhatian banyak orang di Amerika Serikat dan dunia.

Kalian pasti penasaran juga kan dengan sejarahnya? Berikut ini adalah sejarah dari perkembangan Electric Vehicle.

Diawali oleh Anyos Jedlik, seorang penemu asal Hungaria menciptakan jenis motor listrik kecil yang digunakan untuk menjalankan kereta pada tahun 1828. Dalam rentang tahun 1832 – 1839, setelah itu penemuan motor listrik berkembang di berbagai negara. Robert Anderson, penemu asal Skotandia menciptakan motor listrik dengan ukuran lebih besar pada tahun 1832. Sementara di Amerika Serikat, Thomas Davenport juga berinovasi menciptakan mobil listrik yang dijalankan dengan baterai yang tidak dapat diisi ulang pada tahun 1835. Gaston Plante, fisikawan Prancis menemukan baterai yang dapat diisi ulang di tahun 1865, sehingga menjadikan motor listrik lebih praktis.

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa periode dari perkembangan Electric Vehicle:

  1. Mobil listrik skala kecil (1828 – 1884)
  2. Debut mobil listrik pertama (1889 – 1891)
  3. Popularitas mobil listrik (1898 – 1912)
  4. Penurunan dan hilangnya mobil listrik (1920 – 1935)
  5. Mobil listrik mulai dilirik kembali (1968 – 1973)

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1988, General Motors yang dipimpin oleh Roger Smith mulai membangun Electric Vehicle hasil kerja sama mereka dengan AeroVironment California. Hasilnya mobil listrik bernama EV1 namun produksinya baru dimulai tahun 1996 hingga 1999.

Pada tahun 1997, Pabrikan mobil asal Jepang yaitu Toyota memperkenalkan Toyota Prius yang disebut sebagai mobil hybrid yang diproduksi secara massal dan berhasil terjual hingga 18.000 unit kendaraan. Di tahun itu juga banyak produsen mobil besar mengeluarkan Electric Vehicle, namun tidak dilepas ke pasar.

Selanjutnya, di tahun 2003, General Motor mengatakan mereka tidak lagi memproduksi Electric Vehicle EV1. Namun beberapa tahun kemudian, Tesla Motor dibawah kepemimpinan Elon Musk memperkenalkan Electric Vehicle sport dengan nama Tesla Roadster pada pameran International Auto Show pada bulan november di San Franscisco dengan harga mulai 98.950 dollar.

Setelah itu, Electric Vehicle mulai pengalami perkembangan pesat menyusul pesatnya peningkatan teknologi dan dukungan pemerintah negara-negara di dunia akan mobil yang ramah lingkungan.

Meskipun saat ini mayoritas kendaraan bermotor yang beredar di masyarakat masih kebanyakan berbahan bakar fosil dan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil masih dinilai lebih bisa nemenpuh jarak yang lebih jauh, namun tidak menutup kemungkinan di masa depan Electric Vehicle dapat menggantikan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil, sebab Electric Vehicle memiliki potensi yang sangat bisa untuk terus berkembang, di tengah semakin terbatasnya energi fosil dan kebijakan di banayk negara yang lebih mendukung adanya inovasi kendaraan bermotor berbahan bakar energi baru dan terbarukan.

Leave a Comment